Rowobranten - UMKM ROWOBRANTEN GO DIGITAL

UMKM ROWOBRANTEN GO DIGITAL

ROWONEWS, Tuntutan jaman akan kebutuhan dalam pemasaran produk secara meluas sangat di butuhkan pada masa sekarang. Dengan adanya tekhnologi informasi yang berkembang dengan cepat seperti yang kita rasakan saat ini, mendorong Pemerintah Desa Rowobranten untuk menyelenggarakan pelatihan Digital Marketing untuk para pelaku usaha khususnya di Rowobranten. Baru-baru ini Pemerintah Desa Rowobranten menggelar Pelatihan Digital Marketing untuk pelaku UMKM yang bertempat di aula kantor Kepala Desa Rowobranten Senin (20/06/2022) pukul 13.00 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut segenap aparatur Pemerintah Desa Rowobranten, Ibu-ibu Tim Penggerak PKK dan para anggota KPMD Desa Rowobranten serta tidak ketinggalan Ardian Yuniarko,S.E.,M.M. sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut mengawali sambutannya Sekretaris Desa Rowobranten Islachul Charirin, A.Md., memaparkan "betapa pentingnya peran digital marketing ini dalam rangka meningkatkan keterampilan (Update Skill) di bidang pemasaran produk secara digital yang harapannya akan lebih memperluas jangkauan penjualan hasil produksi yang dampaknya tentu saja akan meningkatkan perekonomian mereka para pelaku UKM. Saat ini pemanfaatan internet sebagai salah satu media dalam penjualan suatu produk sudah tidak di ragukan lagi. Ia sedikit menceritakan bahwa putrinya yang baru berumur lima tahun sekalipun terkadang memanfaatkan media online untuk membeli produk yang di inginkannya. Itu menandakan bahwa dunia digital ternyata sudah familiar juga di semua lingkup usia. Harapannya, dengan memperkenalkan digital marketing ini khususnya kepada para pelaku UKM di Rowobranten, akan lebih membuka peluang pemasaran secara online, ungkapnya".

Memasuki acara inti, nara sumber yang sekaligus sebagai praktisi tekhnopreneur, Ardian Yuniarko, S.E.,M.M.,memaparkan secara runut apa gunanya kita memanfaatkan internet dan sosial media untuk memasarkan suatu produk, pada pokoknya adalah untuk meningkatkan omset penjualan. Karena dengan internet dan sosial media kita akan terhubung dengan banyak orang yang mempunyai minat, hobi dan juga berbagai macam keinginan. Sosial media marketing merupakan salah satu strategi yang paling fleksibel dan efektif di gunakan untuk UKM. Dengan media sosial marketing, kita dapat menciptakan konten promosi di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tik-tok dan lain sebagainya.

Media sosial merupakan media yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi penjualan. Bahkan dapat dikatakan apapun produk dan layanan yang di tawarkan, media sosial adalah bagian utama dari setiap inisiatif pemasaran digital yang dapat di buat. Menurut laporan We Are Social, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Tanah Air per Januari 2022.data yang ada, di Indonesia sendiri lebih dari 150 juta orang yang menggunakan media sosial dari total 268 juta penduduknya. Namun dari total 60 juta pelaku UKM, baru 15% saja yang memanfaatkan media online sebagai salah satu media pemasarannya.

Inilah yang menjadi salah satu alasan terbaik mengapa UKM harus mencoba memasarkan melalui media sosial. Banyaknya aktifitas di media sosial tersebut yang menghadirkan peluang besar untuk menjangkau konsumen di mana saja dan kapan saja, pungkasnya".[Red]


Dipost : 22 Juni 2022 | Dilihat : 341

Share :