Rowobranten - Serah terima mahasiswa KKN STIK periode XIII tahun 2022

Serah terima mahasiswa KKN STIK periode XIII tahun 2022

Rowonews, Sekolah Tinggi Islam Kendal (STIK) pada tahun 2022 ini mengadakan program KKN ke XIII, yang mana program ini merupakan bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat sebagai salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diikuti oleh mahasiswa Program Strata Satu STIK Kendal. Kedatangan mahasiswa KKN STIK yang seluruhnya berjumlah 9 orang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 5 orang perempuan yang di antarkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan Dr.H. Zaenudin, M.Ag., di balaidesa Rowobranten Senin (14/02/2022) dan disambut hangat oleh Pj.kepala desa Rowobranten beserta segenap perangkat desa. Kegiatan Tim KKN dalam rangka menunaikan kewajiban tugas akhir tersebut di laksanakan dalam kurun waktu 34 hari yang di awali pada 14 Februari sampai dengan 19 Maret 2022.

Dalam sambutannya Pj. Kepala Desa Rowobranten, Ari Ristiani, S.Sos.,M.M., mengungkapkan bahwa saat ini merujuk pada visi misi bupati Kendal yang mengklasifikasikan program pembangunan desa berdasarkan potensi lokal desa, maka desa Rowobranten tergolong sebagai desa wisata. Untuk itu beliau berharap agar Tim KKN dapat berkontribusi mengimplementasikan berbagai latar belakang disiplin ilmu masing-masing personal untuk dapat membantu memberikan sumbangsih kepada pemerintah desa selaras dengan reel pembangunan yang telah di tentukan.

Dilanjutkan oleh Dr.H. Zainudin,M.Ag dalam sambutannya menitipkan pesan agar rekan-rekan mahasiswa dapat bersinergi dengan pemerintah desa dan menimba ilmu dari kehidupan sosial kemasyarakatan yang berlangsung di desa, begitu ungkapnya.

Namun demikian, menurut penuturan Saiful Amar selaku koordinator desa sekaligus koordinator kecamatan, dalam menjalankan rencana kegiatan telah disusun pula berbagai program yang telah tersusun rapi diantaranya adalah :

Program Unggulan

   1. Berpartisipasi dalam acara keagamaan.

   2. Menghidupkan kembali desa wisata yang ada di Rowobranten.

Dalam bidang Pendidikan dan keagamaan Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan mempunyai tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan Program Kerja, antara lain:

  1. Membantu kegiatan belajar mengajar (KBM) di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ).
  2. Membantu kegiatan belajar mengajar (KBM) di lembaga pendidikan, yaitu diantaranya SDN Rowobranten dan TK.
  3. Memberikan bimbingan belajar (BIMBEL) kepada siswa SD/MI.
  4. Mengikuti beberapa kegiatan-kegiatan keagamaan di masyarakat, diantaranya, tahlil rutin, Shalawat Dziba‟iyah di Rumah warga,serta jamaah yasin yang diadakan oleh ibu ibu desa Rowobranten.

Dalam bidang Kesehatan Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan, ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan Program Kerja, antara lain:

  1. Membantu pelayanan Posyandu anak di Desa Rowobranten.
  2. Mengadakan sosialisasi sikat gigi yang baik.
  3. Mengadakan sosialisasi mencuci tangan yang baik.
  4. Mengadakan senam sehat.
  5. Kerjabakti membersihkan lingkungan sekitar.
  6. Sosialisasi pentingnya memakai masker dan jaga jarak dimasa pandemi.

Dalam bidang Perekonomian, pelaksanaan program kerja kami adalah :

     1. Membantu UMKM yang ada di desa Rowobranten dalam hal pemasaran dan kualitas produk.

"Kami berharap berbagai program yang akan kami laksanakan tersebut dapat memberikan kontribusi positif kepada pemerintah desa Rowobranten dan masyarakat desa Rowobranten pada umumnya, pungkas Amar". 

 


Dipost : 22 Februari 2022 | Dilihat : 336

Share :