Rowobranten - Kilas Balik Kegiatan KKN UNISSULA SEMARANG PERIODE IX TAHUN 2020

Kilas Balik Kegiatan KKN UNISSULA SEMARANG PERIODE IX TAHUN 2020

ROWONEWS, Kehadiran Mahasiswa UNISSULA SEMARANG PERIODE IX tahun 2020 telah di awali pada Selasa (21/01/2020). Berbagai kegiatan yang telah dilangsungkan selama tujuh belas hari ini, tentu membawa kesan mendalam pada masyarakat dan telah memberikan kontribusi bagi perkembangan Desa Rowobranten pada umumnya.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada daerah tertentu. Dalam sambutan pengantarnya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Unissula Semarang DR. H. Aji Sudarmaji.,SH.,MH  mengatakan bahwa kehadiran mahasiswa melalui program KKN ini diharapakan dapat memberikan kontribusi bagi desa Rowobranten dalam berbagai bidang sebagai salah satu perwujudan perguruan tinggi melalui langkah pengabdian masyarakat. Dalam kesempatan itu pula, beliau meminta agar dari aparat pemerintah desa tak segan-segan untuk memberikan bimbingan dan juga teguran kepada para mahasiswa/mahasiswi di dalam menjalankan kegiatannya yang merupakan syarat dalam menyelesaikan jenjang pendidikannya.

Adapun berbagai progran kegiatan yang telah di laksanakan oleh Tim KKN UNISSULA SEMARANG PERIODE IX TAHUN 2020 adalah :

  1. Membantu penataan kearsipan sesuai dengan kode klasifikasi.
  2. Memberikan bimbingan belajar bagi siswa SD/MI
  3. Memberikan pelatihan pengolahan sampah sekaligus penyerahan tong komposter kepada warga RT.02 RW.04 sebagai proyek percontohan.
  4. Menghadiri berbagai rutinitas kegiatan warga masyarakat seperti ; kegiatan jamiyah tahlil di RT/RW, kegiatan TP PKK serta kegiatan Posyandu Lansia.

Pemerintah Desa Rowobranten juga memberikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang telah membantu serta menyumbangkan pemikirannya untuk kemajuan desa Rowobranten. Semoga dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat desa Rowobranten serta dapat menambah wawasan bagi mahasiswa/mahasiswi dalam menjalani kehidupan yang sebenarnya di masyarakat sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.

Di penghujung kegiatan, Pemerintah Desa Rowobranten bersama segenap mahasiswa/mahasiswi melakukan kegiatan Pelepasan di kawasan wisata Pantai Jodoh, Sidodadi, Gringsing, Batang kemudian di akhiri dengan santap siang dan ramah tamah juga foto bersama yang bertempat di Kampoeng Rasa Resto.

Suasana membaur yang akrab diantara para mahasiswa/mahasiswi dengan Pemdes Rowobranten begitu terasa. Pada kesempatan tersebut, Supani selaku Kades Rowobranten dalam sambutannya mengingatkan kepada para mahasiswa/mahasiswi agar sekembalinya ke tempat masing-masing tetap menjaga tali silaturahmi yang telah terajut dan saat ada waktu luang mempersilahkan untuk berkunjung ke desa Rowobranten.

Pada waktu yang sama Islachul Charirin selaku Sekretaris Desa Rowobranten menyampaikan kesan dan pesannya untuk para mahasiswa/mahasiswi mengenai peran mereka dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat serta membantu tugas dalam penataan kearsipan. Semoga kegiatan KKN yang telah mereka selesaikan, dapat memberikan kontribusi dalam menyelesaikan studinya dengan predikat yang memuaskan.

Dalam kesempatan itu pula dari perwakilan mahasiswa mengutarakan kesan-pesan selama menjalani kegiatan di desa Rowobranten yang telah di laksanakan dengan baik sekaligus memberikan apresiasi atas perhatian Pemdes Rowobranten selama ini.

Pada hari Kamis (06/02/2020) para mahasiswa/mahasiswi telah kembali ke kampus untuk melanjutkan kembali tahap demi tahap dalam menyelesaikan jenjang pendidikan mereka masing-masing. Dari pemerintah Desa Rowobranten hanya dapat mendo'akan semoga apa yang mereka cita-citakan dapat tercapai, amin.


Dipost : 08 Februari 2020 | Dilihat : 785

Share :