Rowobranten - Sinergi Baru Untuk Kemajuan Desa Rowobranten : Penerimaan KKN UIN Walisongo

Sinergi Baru Untuk Kemajuan Desa Rowobranten : Penerimaan KKN UIN Walisongo

Kendal - Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (UIN WS) pada hari selasa tanggal 04 Juli 2023 melepaskan peserta KKN Mandiri ke-16 yang disebar di tiga wilayah daerah Kota Semarang, kabupaten Kendal dan Kabupaten Demak. Kegiatan mahasiswa tersebut berkaitan dengan pengabdian di masyarakat, dilaksanakan selama 45 hari mulai tanggal 04 Juli sampai Kamis 17 Agustus 2023 dengan dimulai rangkaian acara pelepasan serentak di kantor Kecamatan masing-masing dan membagi poskonya di desa-desa. Setiap posko terdiri dari 15 mahasiswa.

         Desa Rowobranten ikut masuk dalam list Desa yang disinggahi oleh KKN MIT dari UIN Walisongo dengan posko 55 yang istimewanya diisi dengan beberapa mahasiwa yang didominasi dari luar Jawa, total terdapat 8 mahasiswa dari Sulawesi, 3 dari Aceh dan sisanya dari Jawa. Diawali dengan penerimaan KKN di kantor kelurahan tepat setelah pelepasan yang dilaksanakan di kecamatan Ringinarum oleh para peserta KKN. Penerimaan di balai desa dihadiri oleh mahasiswa peserta, perangkat Desa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam acara tersebut Lurah Desa Rowobranten bapak Atmo menyampaikan beberapa poin yang sekiranya dapat dikembangkan oleh para KKN posko 55 ini diantaranya adalah : 

1. Kedatangan peserta KKN dari UIN Walisongo dapat berpartisipasi dalam membangun akhlak anak-anak di Desa Rowobranten. 
2. Dapat meningkat komoditas Desa, baik sektor pertanian, UMKM dan pariwisata.

3. Wisata embung (dapat menyumbangkan ide-ide untuk sektor periwisata Desa).

4. Stunting (bidan Desa/kader Desa) dan menyumbangkan pemikiran positif kepada organisasi keIslaman yang ada di Desa Rowobranten (Fatayat, Ansor, Karang Taruna).

          Sedangkan dari pihak kampus yaitu bapak Ismail Marzuki M.A.Hk selaku DPL posko 55 menyampaikan pesan bahwa hadirnya kegiatan KKN UIN Walisongo dapat membantu, menambah serta meringankan beberapa planing Desa yang belum terealisasikan serta memberi wejangan supaya peserta KKN posko 55 agar menjaga sikap, menaati peraturan Desa, adat dan menjaga almamater baik kampus.


Dipost : 07 Juli 2023 | Dilihat : 138

Share :