Rowobranten - PEMDES ROWOBRANTEN IKUTI LOMBA TERTIB ARSIP TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2020

PEMDES ROWOBRANTEN IKUTI LOMBA TERTIB ARSIP TINGKAT KABUPATEN TAHUN 2020

ROWONEWS, Senin (09/03/2020), Tim penilai Lomba Tertib Arsip yang di sponsori oleh Dinas Kearsipan mengadakan kunjungan ke desa-desa yang di tunjuk sebagai wakil dari kecamatan sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Kedatangan Tim yang di piloti oleh Alwi S.Pd selaku Kabid Kearsipan kabupaten Kendal untuk memberikan evaluasi sejauh mana administrasi pengelolaan arsip di desa Rowobranten selama ini. Turut pula Agung Setyo N, A.Md, Luluk Yuro'idah, A.Md, Moch. Hafiedz, A.Md yang tergabung dalam Tim Penilai. Lomba tertib arsip desa tingkat Kabupaten ini diselenggarakan dari hari Senin (09/03/2020) dan berakhir pada Jum'at (20/03/2020) bersamaan dengan bergulirnya Program Arsip Masuk desa dan dimaksudkan agar dapat memberikan dorongan dan semangat bagi pemerintah desa untuk menciptakan tertib administrasi dan dokumen penyelenggaraan pemerintah desa, sehingga arsip atau dokumen pemerintah desa dapat tersimpan dengan baik dan mudah untuk ditemukan kembali manakala di perlukan.

Dalam sambutannya, Islachul Charirin, A.Md selaku Sekretaris Desa berharap agar kegiatan semacam ini dapat menjadi suatu bahan pembelajaran serta evaluasi agar Pemerintahan Desa yang menjadi ujung tombak Pemerintah dapat menjadikan Administrasi Desa lebih tertib di masa-masa mendatang. Karena keberhasilan Administrasi Desa tentunya berbanding lurus dengan Kemajuan Desa itu sendiri. Senada pula dengan apa yang di sampaikan oleh Kabid Kearsipan Kabupaten kendal, Alwi S.Pd berharap agar penilaian semacam ini kepada desa dan kelurahan di Kabupaten Kendal bukan suatu ajang untuk menghakimi ataupun mencari kesalahan, namun seyogyanya dapat di jadikan sarana untuk menimba ilmu khususnya dalam bidang kearsipan, pungkasnya.

Pengelolaan arsip yang baik akan mendukung terwujudnya tertib administrasi. Hal itu berarti akan mendukung pula upaya dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah desa yang baik dan percepatan pembangunan pedesaan di Kabupaten Kendal. Lomba tertib arsip desa tingkat Kabupaten Kendal tahun 2020 dikuti oleh 10 (sepuluh) desa yang mewakili masing-masing kecamatan. Penetapan peserta lomba ini berdasarkan pemantauan desa yang sudah pernah dilakukan pembinaan dan monitoring dan beberapa pertimbangan antara lain Aparatur Desanya sudah mengikuti Bimtek Kearsipan, sudah melaksanakan pembenahan arsip dan menerapkan sistem kearsipan sesuai dengan Perbup no.16 Tahun 2015.

Dari hasil penilaian dan survey lapangan yang dilakukan Tim Penilai Kearsipan, nantinya akan di tentukan 6 (enam) besar Desa yang memenuhi standart kearsipan yaitu Juara I sampai III dan Juara Harapan I sampai III. Meskipun masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki di masa mendatang. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan penilaian lomba tertib arsip desa akan memotivasi desa-desa yang lain untuk berlomba-lomba membenahi kearsipan desa. Tim juga berharap agar pengelolaan arsip di Desa Rowobranten,  yang sudah baik ini tidak hanya tertib pada saat mengikuti lomba saja, namun untuk seterusnya. Desa Rowobranten juga bisa menjadi percontohan bagi desa-desa di sekitarnya dan desa di seluruh Kabupaten Kendal untuk melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik.

 


Dipost : 11 Maret 2020 | Dilihat : 603

Share :